Welcome

Banyak orang yang bilang : temenan sih ngga usah pilih-pilih.

Tapi bisa dibilang aku nggak pernah setuju sama statement itu. Bener, temenan ngga usah pilih-pilih, cuma tau siapa yang beneran bisa dijadiin temen deket atau ngga, yang cuma biasa aja dan cuma asal kenal.

Mungkin orang-orang lebih melihat saya sebagai orang yang nggak welcome. Jelas, saya bukan keset haha. Gini ya maksudnya, saya sih lebih selektif. Jadi kalo emang saya nggak welcome gimana bisa ya ngejabat jadi humas di banyak event dan bisa ngebangun komunikasi yang alhamdulillah bagus? Ya terlepas dari pertolongan Allah, kalian juga harus tau ini semua masalah strategi. Kemampuan baca karakter orang dan sifat mereka juga. Jadinya kita selalu tau apa yang harus dilakuin saat menghadapi orang yang beda-beda. Harus gimana di kala mereka melakukan A atau B. Bukan cuma ngumpulin temen sebanyak-banyaknya. Menempatkan diri di sikon orang-orang tersebut juga dibutuhin. Bukan cuma kepribadian easy-going juga.

Saya nggak strict, saya cuma menempatkan diri di saat apa saya bisa easy-going dan harus strict. Balik lagi ya, ini semua masalah strategi. Kamu nggak pernah tau siapa yang bakal tiba-tiba nusuk kamu dan siapa yang bakal mertahanin kamu. I don't have a big circle, but I know that they can be trusted.

Nggak semua orang mau tau dan nggak semua dari mereka juga tulus, dan nggak semua kamu bisa percaya. Think smart.

Di dunia profesional memang kita harus berteman sama banyak orang, tapi nggak bisa dikaitin sama "temenan sih ngga usah pilih-pilih." Nggak ngaruh, sumpah. Apa sih salahnya ngebuang orang yang nggak baik buat kamu dan juga masa depan kamu, apalagi kalo ngancem kelangsungan dunia profesional kamu. Nanti juga ngerti deh.

Sekali lagi ya, ini bukan masalah silaturahim tapi kepercayaan. Yang namanya kerja bareng butuh percaya juga, kalo ngga ada itu kamu bisa apa? Ngandelin pertemanan doang?

Coba dipikir lagi deh, lebih ngertiin lagi sama istilah temenan ngga usah pilih-pilih. Iya memang jangan pilih mereka mau mereka miskin atau kaya lah, cantik atau ganteng lah, pinter lah, tapi liat karakternya. Kalo mereka baik, baikin lagi. Kalo mengancam buat apa? Kita ditakdirkan untuk bahagia, jadi orang-orang yang bisanya cuma nyakitin doang, bisanya nyusahin ya udah jauhin. Yang gitu namanya bukan temen.

Seandainya saya jadi panglima perang di zaman kerajaan dinasti Cina, siapapun yang mengancam kerajaan, mengkhianati raja yang baik, dan membelot pasti langsung saya tebas kepalanya disitu. Ngerti kan? Sebagai panglima perang, kamu harus banyak kenalan biar bisa berkoalisi dan juga menang dalam pertempuran. Tapi di sisi lain, kamu juga harus tau siapa yang bisa dipercaya dan tidak.

Prinsip itu yang saya terapkan dalam hidup. Bukan kuantitas, kualitasnya. Pengkhianatan tuh nggak pernah dateng dari musuh.

Think smart. Jangan mikirnya diplomatis tapi taunya yang diliat salah. Sama aja bohong.


Komentar

Postingan Populer