Pengalaman Juanda - Batu - Juanda bersama Nahwa Travel

Jadi gini, beberapa waktu yang lalu aku kebetulan ada rencana buat pergi ke Batu bersama beberapa teman, dan ternyata memang ada proyek yang harus dikerjakan di Malang. Karena harus mengejar waktu (liburan sebentar sambil kerja juga), maka aku memutuskan buat naik pesawat, SENDIRIAN, karena dua temenku naik kereta.

Singkatnya, aku googling untuk cari transportasi yang oke untuk mengantarkan dari Surabaya ke Batu. Setelah beberapa perbandingan dan pemikiran, akhirnya aku memutuskan untuk naik Nahwa Travel ke Batu.

Saat tanggal 15 Desember 2016 sore aku tiba di Juanda dengan kucel (karena jadi running man dari kantor - rumah - bandara), aku dijemput sama seorang driver yang kalo nggak salah namanya Pak Khuser. Bapak yang ini baiknya banget, padahal sepertinya sudah setengah baya tapi sampai lari-lari nyariin aku yang lagi nunggu beliau. Beliau beberapa kali minta maaf karena terjebak macet dan kesalahan klien yang sebelumnya molor waktunya sehingga beliau terlambat jemput. Disini kesimpulannya bukan sepenuhnya kesalahan beliau dan aku juga masih anteng-anteng aja nunggu karena baru aja nunggu sekitar 15 menit sambil minum susu kotak yang kubawa dari Bandung. Sebagai melankolis, aku nggak cepet bosen kok sebenernya kalo disuruh nunggu, apalagi kalo untuk kereta dan pesawat biasanya aku udah nyampe lama sebelum pemberangkatan karena suka suasana nunggu di bandara atau stasiun sambil ngemil.

Perjalanan bersama Pak Khuser yang nggak sebentar (sekitar 4 jam) berlangsung lancar. Karena aku paling jauh tempatnya, aku dianter terakhir. Aku ngebayangin Pak Khuser yang langsung jemput kita para penumpang dan nyetir jarak jauh juga, mungkin beliau belum sempet makan dll. Setelah sampai hotel, aku kasih beliau tips sedikit dan ngeliat muka beliau yang sumringah beneran ngebuat aku seneng.

Setelah beberapa hari di Batu, tiba saatnya buat aku pulang ke Bandung. Aku sebelumnya udah book Nahwa Travel untuk kepulanganku dan disuruh standby jam 09.30 untuk penjemputan karena pesawatku take-off jam 17.45 dan takut terlambat karena padat dan kemacetan jalan. Oke, aku bela-belain nggak tidur lagi setelah sholat Subuh dan langsung packing sambil cek barang juga. Karena resto hotelnya lagi nyiapin gathering, mereka jadi ngga terima order. Ya udah aku sarapan yang ada dulu aja karena takut keburu dijemput, jadi cuma sarapan popmie. Jam 09.30 aku udah siap, dan masih belum ada kabar dari Nahwa.

Sejam kemudian aku masih aktif ngehubungin Nahwa, katanya mau segera disms nama driver dan nomor kontaknya. Ditunggu terus kok kayanya PHP -______- akhirnya aku dapet nama drivernya, namanya Pak Rudi. Dihubungi katanya jam 11.00 baru mau berangkat dari kantornya yang di Malang. Malang - Batu kayanya paling lama 1 jam, aku udah mulai waswas. Karena faktor lagi batuk dan suara abis, aku nggak bisa banyak ngehubungin beliau.

Dan akhirnya aku dijemput jam setengah 1 siang. Keren ya, dipelak selama 3 jam. Aku udah mulai kesel karena drivernya cuma bilang jalanan padat dan macet dan dia belum makan dll. Ya egoisnya sih profesional aja, mana aku mau tau kan dia belum makan dll. Dia bilang dia ditelepon mendadak disuruh jadi supir dan macem-macem yang aku sendiri nggak mau denger karena keburu bete, nggak sempet makan siang dan minum obat. Ya udahlah, bisa makan di bandara kan, pikirku.

Setelah jemput 2 penumpang lain, mulailah dia lewat jalan pintas yang membelah hutan dan gunung, kalo di Bandung sih semacam Lembang, Dago, dan Cadas Pangeran disatuin lah. Jalannya banyak turunan tajam dan belokan gitu. Parahnya, jalanannya bahaya banget dan nggak ada sinyal, dan juga ada beberapa yang buka tutup gitu jalurnya. Aku mau web check-in nggak bisa karena beneran nggak ada sinyal, sekalinya ada sinyal waktu web check-in nya udah lewat.

Setelah menembus daerah Pemandian Cangar dan sekitarnya yang merupakan jalur alternatif, kita sampai di daerah perkotaan, Dan tebak, apalagi coba, remnya kepanasan karena menempuh jalur ekstrim sehingga harus cari bengkel. Itu sudah sekitar jam 14.14, gimana nggak waswas sedangkan bandara Juanda masih lumayan jauh. Jam 17.00 sudah waktu check-in terakhir. Saya bolak-balik protes ke pihak Nahwa yang masih mencoba meyakinkan saya bahwa saya akan sempat check-in.

Yang bikin lebih kesel lagi. si Bapak ini mengemudinya agak ugal-ugalan dan nggak sopan. Masa ada nanya jalan ke orang kok nggak bilang makasih setelahnya, kadang meneriaki orang yang lagi santai di depan rumahnya karena posisi mobil kita yang agak jauh dari orang tsb.

Jadi.. driver yang ini.. mikir kita harus lewat jalan pintas (bener sih, karena jalur utama macet, TAPI NGGAK HAFAL JALAN.

Stress sepanjang jalan sambil ngitung waktu, tapi drivernya bisa-bisanya sambil ngebut masih sempet ngemil crackers dan minum. Rasa-rasanya semua umpatan udah ada di ujung mulut, tapi untungnya para penumpang masih dengan baik nenangin aku dan aku yakin mereka juga istighfar di dalem hati. Setelah agak deket bandara, si driver ini masih sempet berhenti dan beli minum di minimarket. Udah nggak habis pikir, kok bisa-bisanya sih kayak gitu sementara nasib gue masih ngambang kayak BAB belum disiram.

Akhirnya dia ngebut lagi lah ke bandara, dan aku bayar. Terus dia kasih tiket travelnya, dan nggak aku liat terus bilang makasih karena kupikir itu bukti pembayaran. Taunya, dia bilang gini :"Nggak mbak, bukan !" sambil nunjuk harga.

Oh aing kurang bayar, pikirku. Dan nggak ada tuh konfirmasi dari Nahwa dengan kenaikan pembayaran. Emang nggak banyak, tapi cukup kok untuk menghasilkan umpatan karena servisnya yang nggak banget. Setelah nurunin tas  dan barang bawaan sendiri (SENDIRI karena drivernya lagi diprotes penumpang lain karena biaya yang naik) terus bayar kekurangannya, mulailah aku lari ke counter check-in. Lumayan kan bawa travelling bag 7 kg sambil bawa ransel dan juga 1 tas jinjing, langsing gue tiap hari kaya gitu. Terus akhirnya sempet lah check-in 20 menit sebelum check-in ditutup. Udahnya langsung lari cari mushola karena belum sholat. Setelah sholat ngedenger pemberitahuan, dan bener aja udah disuruh ke boarding gate. Pupus sudah pemikiran makan dulu di bandara, dan dari jam 08.30 sampai jam 18.00 isinya perut ini cuma popmie plus buah-buahan doang (karena di jalan nggak makan lagi, stress). Akhirnya yang emang lagi sakit plus suara ilang udahlah aku soulless di pesawat, untungnya dikasih snack, ya lumayanlah bisa ngisi perut walaupun nggak kenyang.

Btw, aku udah nggak peduli kalau postingan ini diliat sama orang-orang penggemar Nahwa Travel, ya mungkin aku aja lagi apes kebagian yang gitu, dan aku ada buktinya juga. Sebenernya, nggak kecewa sih untuk pelayanan pertama, tapi yang kedua beneran apes banget dan bikin aku soulless sampe rumah karena udah keburu bete dan pening dan lelah jiwa serta raga. Seenggaknya, orang kayak gitu nggak pantes buat dijadiin driver karena nggak punya manner dan nggak profesional.

Nahwa Travel nggak sejelek itu kok, kalo kalian dapet drivernya yang oke, tapi bisa jadi amblas banget kalo dapet driver rese dan cerewet yang ngeluh sepanjang jalan dan juga egois. Travel apapun juga bakal gitu sih, driver macem gitu mah bagusnya dipensiunin aja. Intinya sih kayanya gue lagi apes aja, tapi keapesan ini bener-bener bikin kapok.

Nuhun sabandungeun buat servicenya lah pokonya, najong.