Jalan Hidup

Semua orang punya jalan hidup dan berhak menentukan jalan hidupnya masing-masing. Ketika seseorang memutuskan untuk masuk ke kehidupanmu dan menjadi bagian dari cerita hidupmu, mungkin memang dia terlahir dan merupakan pilihannya untuk begitu.

Namun, tidak semua orang begitu. Siapapun itu, mungkin di tengah jalan ia memutuskan untuk pergi darimu. Kamu boleh mengingatnya dan tidak berhenti untuk menyayanginya, tapi yang kamu harus ingat adalah dia bukan orang yang sama lagi seperti dulu. Hargailah keputusannya dan mungkin inilah yang terbaik untukmu. Ketika ia memutuskan untuk pergi dan keluar dari kehidupanmu, mungkin saja itulah yang terbaik untukmu. Atau mungkin di suatu saat nanti, ia akan kembali untukmu, ataupun kalian mendapat kehidupan yang lebih baik tanpa kehadiran masing-masing dari kalian. Siapa yang tahu?

Semua orang berhak menciptakan takdirnya sendiri. Mau apapun yang mereka pilih, mungkin tujuan hidupnya begitu. Mau itu berarti akan ada orang yang tersakiti, mungkin memang harus begitu, karena di saat kita berusaha untuk menyenangkan semua orang, itu tidaklah mungkin. Jadi, tidak ada jalan lain selain menerima dan berharap yang terbaik.

Mau itu berlari, berjalan, ataupun merangkak, setiap hari kita harus melangkah di dalam kehidupan. Ketika kamu masih menjadi orang yang sama seperti kemarin, kamu tidak akan pernah bisa menggapai apa yang kamu inginkan.

Jalan hidup. Kata-kata yang sederhana tetapi mengandung banyak arti. Mau itu ke kiri, ke kanan, atau tetap lurus. Mau itu berarti masuk atau keluar dari kehidupan seseorang. Mau itu menyakitkan atau membahagiakan.

Hargailah mereka yang memilih untuk keluar dari kehidupanmu, walaupun mungkin awalnya terasa sulit. Dan prosesnya takkan semudah mengetik sebuah kata "move on". Tapi suatu saat nanti, akan ada yang menggantikan posisi mereka dengan yang lebih baik, atau mungkin mereka akan kembali.

Cintailah mereka yang sampai saat ini selalu berada di sisimu, apapun yang terjadi. Syukuri kehadiran mereka, dan jaga mereka baik-baik.

Karena semua orang punya jalan hidup.. dan kamu juga :)

20120820.

Komentar

Postingan Populer