Cara Membersihkan Spam dari Twitter

Ini cuma iseng, siapa tau ada yang mengalami kejadian serupa sama saya. Well, ini emang bikin kesel dan ngerepotin dan nggak ngerti banget apa sih gunanya buat bikin orang follow-follow otomatis.

Awalnya emang kayaknya nggak sengaja ngeklik sebuah link dan sebelum semua info twitter seperti username dan password dimasukin, itu website udah langsung aku tutup. Eh taunya, tetep aja kena. Pertama sadar setelah ngecek timeline ada retweet yang isinya : jual jasa followers aktif blablabla -__________- 

Dan yang bikin parah, tweetnya ngga bisa dihapus. Nyebelin banget.

Lalu ngeliat list following loh kok nambah orang yang nggak tau siapa dan aku unfollow semua yang nggak jelas itu. Terus ngeblock account yang jual followers yang sempet ke retweet otomatis. Dan beberapa jam kemudian.. Ngga ada retweet otomatis, tapi masih aja ngefollow otomatis. 

Dan setelah googling, semua orang nyuruh buat revoke access. Gimana caranya? Gampang. Buat revoke access, kamu tinggal login ke twitter lewat PC (ini harus) dan langsung ke website twitternya langsung. Tinggal cari setting - application - revoke access . Maksudnya, kalo ada aplikasi nggak dikenal, kamu bisa langsung mutusin aksesnya disitu. 

Dan saking pusingnya, saya revoke semua akses aplikasi, dan ganti password, dan ngeprivacy twitter. HAHAHA. 

Lalu, kalo emang masih ngefollow otomatis, caranya adalah pastikan kalian punya antivirus yang udah update dan juga satu program anti malware. Kalo aku sih pakenya Microsoft Security Essentials buat antivirus dan Malwarebytes Anti Malware buat program anti malware dan spam. Setelahnya, scan komputer atau laptop kalian, dan jangan pake quick scan ya. Biar lama asal selamat deh ngga apa-apa. Setelah discan, ternyata di laptopku ada beberapa malware dan itu dari Chrome (emang sehari-hari pake chrome). Jadi ternyata, yang bermasalah itu virusnya udah merambat ke program Chromenya.

Oh iya, kalo kalian pakai Chrome, jangan lupa periksa extension yang terpasang. Kalo pake Firefox, namanya add-ons, bukan extensions. Hehe. Kalo ada aplikasi nggak dikenal, mending hapus aja demi kesejahteraan hidup perteknologian kalian. 

Dan akhirnya tadaaaa~ Dalam sehari twitter sudah kembali normal. Kalo kalian bingung gimana step buat revoke access, atau extensions, atau add-ons, bisa googling kok. Saya disini cuma berbagi cara buat mereka yang masiiiiih aja bingung kenapa twitter bisa follow atau ngetweet otomatis setelah revoke access. Karena biasanya semuanya cuma menganjurkan revoke access, dan ternyata kalo dalam kasus saya didalangi virus juga -_________-

Ini cuma saran dari pemakai teknologi yang agak abal-abal. Siapa tau bisa agak menghilangkan kegalauan kan :p

Komentar

Postingan Populer