Tips Membuat Novel dari Penulis Amatir :))

Sejak disuruh bikin novel sama dosen, saya jadi pengen nge-share sama yang baca blog ini gimana cara bikin novel yang asik. Yah emang saya penulis amatiran, tapi ya ini lumayanlah buat kalian yang mau ngarang cerita atau disuruh bikin novel dadakan..

taken from http://nowrigglingoutofwriting.files.wordpress.com/2012/12/writing-writing-31275199-1500-1004.jpg
1. Kumpulin inspirasi
    Yang namanya inspirasi itu dicari, bukan ditunggu. Cari inspirasi dengan dengerin lagu, inget-inget pengalaman, jalan-jalan, banyak deh. Nonton film juga bisa. Hehehe.

2. Perbaiki mood
Sama kayak  nyari inspirasi, yang namanya memperbaiki mood juga bisa dilakukan dengan banyak cara. Intinya, lakuin hal yang kamu suka :)
Kalau saya pribadi sih, sukanya dengerin lagu mellow kalau di rumah. Contohnya kayak playlist yang ada di blog ini hehehe.
Tapi secara pribadi sih enaknya kalo kita minum mint tea di cafe, terus bawa laptopnya jangan lupa. Cari cafe yang suasananya cozy, enak deh sambil ngetik minum teh. Kalau sambil ngetik minum bir yaaa.. MABOK ! :p

3. Bikin plot
Kalau udah nemu inspirasi, bikin plot cerita kamu. Mau apa aja yang ditulis, ada apa di tiap chapter, garis besar novel kamu mau gimana.Yang namanya novel kan panjaaang banget, jadi butuh kekonsistenan di dalam menulis. Kalo plotnya nggak ditulis, takutnya malah hilang arah nantinya. Kalau masalah perubahan atau gimana, gampang sih, cuma untuk menjaga-jaga kalau nanti nggak dapet inspirasi lagi, mending ditulis :D

4. Semangat menulis !
Menulis atau mengetik? Bebasss hahaha. Jangan bosen, usahakan terus menulis. Terus pertahankan mood dan cari inspirasi sebanyak-banyaknya.

5. Coba-coba ke penerbit
Iya, coba aja. Siapa tau bisa diterbitin ^^

"Selalu ada jalan jika kita menginginkannya"

:: Mau bikin novel dadakan juga gara-gara dapet tugas? Kuliah aja di sini :))

Komentar

Postingan Populer